Kapan saat yang tepat untuk memberi nasehat?

Selasa, 21 November 2017

Postingan diketik pada jam-jam menunggu pulang, diiringi deras hujan di luar.

Beberapa minggu lalu netizen dibuat geger dengan artis RN yang memutuskan melepas jilbab. Menanggapi hal ini, netizen terbagi menjadi beberapa kubu. kubu yang langsung julid dan nyinyirin RN, kubu yang mbelain RN, dan kubu yang nyinyirin kubu yang julid dan nyinyirin RN. di post ini, gw bukan mau bilang gw masuk kubu yang mana. cuma pengen ngeluarin aja pendapat gw tentang kubu-kubu ini.
munculnya kubu yang nyinyir itu wajar banget,  di negara yang mana  orang-orangnya masih memegang nilai-nilai agama, lalu  ada seorang yang dikenal luas ama publik tiba-tiba melakukan hal yang nyeleneh kayak  memutuskan buat ngelanggar nilai tersebut ya  pastilah bakal ada omongan miring.  kenapa gw bilang nyeleneh? ya karena memang yang dilakuin ama RN keluar dari bates-bates norma agama. hal kayak gini  gak cuma di Indonesia sih ya, di negara seliberal Amerika pun kalo ada public figure yang nyeleneh, masyarakat pasti bakal ada aja yang komentar negatif. contohnya aja Miley Cyrus pasca putus ama Liam terus bikin vidklip berayun di bola raksasa cuma pake sepatu doang dan membuat netizen Amerika gempar, padahal di Amerika kan  udah biasa ngeliat artis-artisnya berpenampilan seksi nan semlohai.

adanya kubu yang mbelain RN juga wajar sih, soalnya sesuatu yang dilakukan seseorang, apapun itu baik yang negatif maupun yang positif  pasti bakal ada aja yang pro dan kontra, ada yang suka dan gak suka.

nah kubu yang terakhir ini, yang nyinyirin kubu yang nyinyirin RN. kubu ini sangat menarik perhatian. biar gampang dan gw ga usah bolak balik ngetik kata nyinyir, gw akan kasih nama bagi kedua kubu ini
kubu yang nyinyir ke RN karena lepas jilbab : kubu macan
kubu yang nyinyirin kubu yang nyinyir ke RN : kubu serigala

oke, jadi ini yang bikin kenapa kubu serigala bisa menarik perhatian gw. kubu serigala muncul karena kejengahan mereka terhadap beberapa oknum di kubu macan yang mengkritik RN padahal dirinya sendiri tidak lebih baik dari RN. keluarlah template kalimat 'ga usah sok suci', 'ga usah munafik', 'komen RN lepas jilbab tapi doyan nonton JAV' dan lain sebangsanya. iya, gw memang ngeliat  beberapa orang di kubu macan emang kesannya kayak 'gak tau diri' dengan ngasih kritik ke RN padahal sendirinya 'tidak sesuci itu' tapi setau gw, kalo mau nasehatin orang emang gak perlu nunggu diri sendiri sempurna sih, kalo kita harus menyempurnakan diri sendiri dulu baru boleh nasehatin orang, ga bakal ada saling menasehati  karena kesempurnaan itu kan sesuatu yang gak mungkin. gw pernah baca ini dimana gitu, gw lupa.  (tapi bukan berarti gw mendukung mereka-mereka yang ada di kubu macan buat terus maksiat loh ya)

selain alesan itu, yang bikin gw tertarik dengan ocehan klub serigala sampe posting tulisan ini adalah pengalaman pribadi gw beberapa tahun yang lalu.
gw pake jilbab tahun 2008. Waktu itu gw yang masih kelas 2 SMA abis baca majalah yang di dalemnya ada interview sama Zaskia Adya Mecca dan di interview itu dia cerita kenapa dia pake jilbab. abis baca gw jadi kepikiran dan memutuskan buat pake jilbab juga. Sayangnya, gw make jilbabnya masih buka tutup. di sekolah gw pake jilbab tapi kalo main atau ke dokter gigi gw gak pake jilbab. Keadaan ini berlangsung terus sampe gw kuliah. gw masih inget dulu kalo kuliah gw selalu pake jilbab, tapi pas main gak pernah pake. bahkan, foto profil facebook gw lebih banyak yang gak pake jilbab. Sampe akhirnya salah satu temen gw waktu itu ada yang nanya ke gw 'Lo kenapa sih, La, kalo kuliah pake jilbab tapi kalo main gak pernah pake jilbab? foto lo juga lebih banyak yang dibuka kerudungnya.' gw berargumen dengan alesan gw malu kalo diliat temen kampus pas gw lagi gak pake jilbab. Dia pun ngebales begini 'Kok lo bisa malu ama temen kampus, tapi gak malu sama cowo-cowo lain yang bukan temen kampus yang ngeliat elo gak pake jilbab? kenapa? apa bedanya cowok-cowok di kampus sama yang diluar? kan sama-sama cowok'
gw gak bisa jawab, karena gw juga gak tau harus ngejawab apa. kalo sekarang ditanya kenapa dulu suka lepas jilbab gw juga gak tau jawabannya kenapa. tapi gara-gara temen gw itu nanyain hal tersebut, gw jadi tobat, nyadar kalo gw salah dan pelan-pelan mulai istiqomah pake jilbab. awalnya pas kuliah sama main aja, terus meningkat sampe kalo lagi pergi sama keluarga atau keluar alfamart dan alhamdulillah sekarang gw selalu pake jilbab walaupun cuma beli bawang merah di tukang sayur yang jauhnya cuma 3 rumah dari rumah gw.

kalau dari ceritanya, mungkin  pembaca ngebayangin temen gw yang nanya-nanya kenapa gw suka lepas jilbab itu orangnya pasti muslimah berjilbab, jilbab yang lebar malah, pake cadar sekalian. jawabannya: nggak. temen gw yang nanya itu gak pake jilbab, bahkan sampe sekarang tulisan ini diketik, dia ga pake jilbab di kesehariannya. temen gw itu muslim tapi dia selalu menolak ajakan pake jilbab. mungkin kalo kubu serigala a.k.a yang suka menyinyiri orang yang nyinyir tapi tidak lebih baik dari orang yang dinyinyirin (too much nyinyir in this sentence hehehe) tau kejadian pas dia nanya-nanya gw kenapa ga pake jilbab, kubu serigala bakal ngebatin betapa gak tau dirinya perempuan ini. tapi buat gw yang dinasehatin, gw gak ngerasa dia munafik dengan nyuruh gw pake jilbab padahal sendirinya enggak. gw jadi mikir, gw jadi merenungi kesalahan gw sampe akhirnya gw tobat.

intinya sih ya, menurut gw kalo ada orang yang lagi nasehatin orang lain buat jadi baik padahal dia sendiri belum baik, ngga usah dibilang macem-macem. Kita kan gak tau, kapan dan darimana  hidayah bisa dateng. Doain aja supaya dia bisa jadi sebaik nasehat-nasehatnya itu, ehehe.

salam cetar!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS