Awal Januari, tanggal 6

Jumat, 09 Januari 2015



Adalah tanggal yang berkesan buat saya, bukan karena saya dilamar anak orang atau dapet undian tiga miliar, tapi pada tanggal ini saya dinyatakan lulus dari pendidikan IPS 2010. Wohooo yeaah!
Sidang ini adalah sidang yang gak disangka-sangka. Dari pemberitahuannya yang mendadak banget (pas saya lagi ‘liburan’ di Jakarta) sampe pas liat foto jadwal sidang yang dikirim Dedi ke grup whatsapp. Iya fotonya Dedi bikin syok banget karena saya yang pertama maju sidang! Ap..pah? kenapa pula saya yang pertama L. Di jadwal hari selasa saya sidang barengan sama Ririn (entah kenapa jodoh banget selalu barengan), Riza, Bonar sama Dedi.
Untungnya sih sekelompok sidang sama Ririn soalnya Ririn itu event organizer terselubung dan anak-anak cowo mau disuruh Ririn.  Jadi buat snack dan makan siang dosen gak ada masalah. yang jadi masalah malah Dedi yang terlambat buat berangkat bareng. Kita semua janjian jam setengah enam berangkat sementara dia jam enam baru bangun! Tapi Alhamdulillah  gak telat, walaupun saya gak tau Dedi dendam apa enggak sama saya gegara pas berangkat saya sempet ngomel-ngomel ke Dedi karena dia bangunnya kesiangan.
Begitu sampe kampus mulai lagi deg-degan setelah sebelumnya udah bisa rileks, mungkin karena udah kerasa “ini nih, gue sidang hari ini. Beneran. Bukan mimpi”. Jadi pas anak-anak nyiapin kelas, saya Cuma bisa focus ngurusin laptop. Karena saya maju pertama, saya gak tau temen-temen yang lain pada ngapain aja di luar. Tapi pas saya sempet keluar mereka semua udah kayak paparazzi ketemu Kim Kardashian, siap dengan segudang pertanyaan. Padahal saya keluar buat nanya Dekan Fakultas sekarang siapa..
Kesempatan buat nanya-nanyain saya datang pas giliran Ririn maju. Untungnya karena saya udah maju jadi gak deg-degan lagi dan bisa ngeledekin yang masih nunggu giliran. Yaaa habisnya yang lagi pada nunggu giliran itu tingkahnya ajaib banget, si Riza yang gak lepas dari HP nya (yang ini bukan kelakuan ajaib), si Dedi yang berulang kali ngelapin keringetnya yang bercucuran bak air keran, atau si Bonar yang demi menyemangati diri sendiri teriak-teriak “faikkggg!!” tapi mendadak frozen (kayak kartun yang itu tuh) pas pak Nusa keluar dan nyeritain suasana sidang (lumayan bikin deg-degan buat yang belum maju). Saat  hasilnya keluar,  Alhamdulillah kami berlima lulus, masing-masing dengan nilai yang lumayan dan sekarang udah bisa legaaaa.
Rasanya lulus itu kayak baju yang di mix and match, campur aduk. I was happy for like, one second then it hit me. This is the end of an Era. Ya saya sempat senang banget waktu diumumin lulus dan dapet nilai A setelah sebelumnya gak yakin bisa dapet nilai A karena gak tau kalo dekan Fakultas udah ganti. Tapi abis ngerasain seneng itu tiba-tiba gelombang kesedihan menghantam. This is it. Kuliah 9 semester selesai hari ini, gak ada lagi masuk kelas buat belajar (atau berghibah) bareng, ga ada lagi janjian ke kampus pake baju warna apa, ga ada lagi diskusi pintar (untuk menentukan pilihan mau makan siang di mana), dan hal-hal lain yang bakal ngangenin.
Saat detik-detik pak Muchtar ngasih pengumuman itu saya kepikiran terus, bener-bener gak nyangka kalau hari ini saya sidang, dan  sama orang-orang ini saya dinyatakan lulus. Jadi keinget gimana awalnya saya kenal sama temen-temen yang hari ini sidang bareng saya. Dimulai dari Ririn sampe Dedi.

  • Ririn  : pertama kali kenal pas dia ngajak pulang bareng karena rumah kami searah. Tapi besoknya dia kapok nganterin saya pulang sampe rumah (padahal saya ok ok aja bareng sampe sumber arta) alasannya sih karena cuaca panas dan dia takut jadi item, belakangan pas saya udah deket dia bilang kalo rumah saya kejauhan dan dia capek kalo harus nganter sampe rumah saya, bukan karena dia takut jadi item. Iya juga sih, wong si Ririn kalo naik motor gak pernah pake jaket sama sarung tangan, kan berarti dia berani sama matahari.
  • Riza : awal kenal karena waktu semester satu dia ngajak saya bareng buat beli buku Makro Ekonomi di Kwitang. Saya yang gak bisa nawar barang dan gak tau Kwitang dimana langsung mau pas diajak. Apalagi waktu itu saya belum deket sama dia, jadi ngerasa seneng banget karena dianggep temen sama Riza. Tapi selama perjalanan si Riza dieeeeeeeem aja, gak nanya dan gak memberi kesan ingin ditanya, belakangan pas udah deket saya jadi tau kalo Riza emang gak banyak omong dan hobi maen HP walaupun lagi barengan sama temen.
  • Bonar : saya pertama kali kenal Bonar lewat facebook, karena pas briefing MPA dia ga dateng, jadi dia nanyain ke saya via pm tentang apa aja yang mesti dibawa pas mpa. Awalnya saya takuuuut banget liat Bonar di facebook. Soalnya statusnya suka marah-marah, apa aja dimarahin deh. Udah gitu, foto profilnya cadas banget bok. Di bayangan saya, Bonar itu tinggi gede tampang preman. Eh pas besokannya ngeliat di mpa jurusan ternyata Bonar aslinya kecil botak (semua maba cowo emang dibotakkin sih) dan gak ada sangar-sangarnya.
  • Dedi : awal kenal Dedi  adalah saat   sekelompok di Makro Ekonomi pas semester satu dan dulu nama facebooknya Dedi adalah Kazu Mazaru. Lumayan lama buat saya untuk inget yang namanya Dedi itu yang mana karena pas semester satu muka anak cowok sama semua dan saya susah ngafalin muka orang.

Sehabis sidang membuat saya menarik kesimpulan kalau sidang (atau kuliah) itu kayak serial TV, “college is like TV series, you can’t wait to see the ending, but when you finish it your brain start to think, ok now what?” ya, sidang (atau kuliah) itu kayak serial TV, kita sebegitu penasaran sama endingnya, kita pengen banget tau gimana ceritanya berakhir. Tapi begitu beneran selesai kita mulai mikir: oke, sekarang apa yang bakal saya lakukan?.
Nah, kira-kira apa yang bakal kamu lakukan?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS