cerita ppl

Selasa, 17 September 2013

buat yang kuliah kependidikan (baik yang terpaksa maupun yang tulus) bakal ngejalanin yang namanya ppl, kepanjangannya gue lupa tapi kegiatannya gue tau. ppl ini praktek ngajar di sekolah gitu, ada yang di sd, smp, sma, dll. kebetulan jurusan gue dapet ppl di smp. awalnya gue bingung dan gundah gulana karena gatau mau sekelompok ama siapa apalagi waktu itu dengan brutalnya temen temen gue udah nentuin sendiri bakal sekelompok ama siapa. yaudin membisu lah gue di pojokan, berharap ada yang mengulurkan tangan berbelas kasihan terus ngajak gue sekelompok. tawaran pertama dari wiwin, gw diajak ppl di smp di jakarta barat bareng dia, feby sama giri. tanpa mikir panjang, cukup mikir secara seksama dan dalam tempo yang singkat gue langsung iya in aja tawarannya. ga mikir jakarta barat itu jauh dari bekasi selatan dan segala rintangan lainnya. terus ririn malah juga ngajakin gue sekelompok bareng dia dengan alasan lokasi ppl yang dia pilih lebih deket buat gue daripada gue ngikut wiwin. lagi lagi ga pake mikir gue langsung iya in aja tawaran dia ga mikir kelompoknya wiwin bakal kekurangan orang. akhirnya berkat satu kejadian dan lainnya kelompok ppl kita udah fix dan masuk akal, semua karena ririn yang mengkotak kotakan kelompok ppl beserta lokasi yang strategis buat anggota kelompok.
hasil akhirnya kelompok gue terdiri dari ririn yang rumahnya di caman, bimo yang rumahnya di galaxy, yenni yang rumahnya di karawang tapi ngekost, dan acel yang rumahnya di depok tapi juga ngekost. awalnya kita milih smp 199, tapi karena bad luck kita terdepak dari smp tersebut dan milih smp 74 yang dulu sekolahnya bimo dan letaknya di rawamangun deket dari kampus buat tempat ppl kita
perjuangan awal ppl kita dimulai dari bulan puasa, disaat kelompok-kelompok lain baru mulai praktek abis lebaran, kelompok kita udah disuruh masuk dari pertengahan puasa. hari pertama di 74 kita baru belajar mencet bel sama ngisi buku piket. oh iya pas tau kita mulai ppl duluan temen sekelas kita banyak banget yang mention di twitter, ngedoain, ngasih dukungan, minta tips, kita udah berasa pro aja padahal juga belum ngapa ngapain. hari kedua kita disuruh group teaching di kelas 8E dimana kita berlima ngajar ganti gantian. acel sebagai pembuka, lanjut yenni, gue, sama ririn sebagai isi dan bimo sebagai penutup. berhubung acel ngebuka materi aja lama banget alhasil pas bimo baru ngomong sepatah dua patah kata gue udah mencetin bel istirahat *poor bimo*
hari ketiga gue diajak guru pamong gue masuk ke kelas-kelas. gue langsung deg degan dong pas dia nyuruh gue masuk kelas, akhirnya gue ngeles sambil bilang 'bapak kenalin saya dulu aja ke kelas, sekalian saya mau lihat cara bapak ngajar' eh dia setuju aja sama gue. jadi di kelas pertama sama kedua gue cuma dikenalin ke anak murid. pas dikelas ketiga dia ga ada, yaudin gue nongkrong aja di meja piket, pas lagi sante begitu disuruh masuk ke kelas 8D sama ibu bahasa inggris buat gantiin dia, malah bimo ama yenni yang semangat masuk yaudah gue, ririn, acel ngerumpi rumpi lucu lagi di meja piket. ga lama kemudian bimo keluar nyuruh nyuruh gue masuk kelas bantuin dia ama yenni. yaelah baru juga nyender tapi gue ikut masuk juga sih, penasaran mereka di dalem ngapain ajah.
pas sebelum jam terakhir guru pamong bimo ama acel manggil kita berlima ngasih intruksi buat group teaching lagi, yenni langsung bilang mau masuk kelas bu zul (pamongnya dia) gue ngeliat kesempatan kabur juga ikutan bilang kalo gue mesti masuk kelasnya pak sutar (guru pamong gue) dengan terpaksa dan ikhlas yang dipaksakan pak abram (guru pamong bimo-acel) pun melepas gue sama yenni. si ririn juga pengen ikutan kabur dengan alasan jagain meja piket. ya pak abram kaga ngizinin dia lah, lagian ngapain meja piket dijagain?
begitu bel berbunyi lagi gue ngikutin pak sutar ke kelas 7A, tadinya gue pikir gue lepas dari kandang buaya karena ga ikut kelasnya pak abram, ternyata gue malah masuk kandang singa gegara ikut kelas pak sutar. mungkin karena pak sutar bosen ngajar di depan kelas, abis ngenalin gue dia langsung nyuruh gue ngajar. zoengg! bumi gonjang ganjing. apaan yang mesti gue ajarin coba? buku paket belum punya, materi awal belum belajar, keringet dingin keluar, deg degan banget sampe kerasa di tenggorokan. untung gue inget pesan ibu gue kalo masih awal pertemuan kenalan aja dulu. yaudin gue ngabsen aja satu-satu sambil ngenalin diri gue. kita sempet belajar dikit tentang apa itu ips, tapi berhubung mateinya dikit jadi bel belum bunyi materi gue udah abis. bingung banget itu mau ngapain. ngajak main games, gue belum siapin gamesnya, belajar lagi, ga ada materi. apalagi 7A kaleeeeeeeeeeem banget gue sampe ngantuk. akhirnya gue bilang aja  'materi udah selesai tapi bel  belum bunyi, kalian dikelas aja dulu ya' abis gue ngomong gitu ada murid cowo yang nyeletuk 'lah, kok gitu?' karena gue gatau mesti jawab apa jadi gue cuekkin aja. ini masih banyak banget cerita ppl gue, mungkin besok kalo inget gue post di blog lagi. pusing juga kelamaan ngetik hehe
bye!
xoxo
sekian dan terima kecup :*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS