obrolan di bawah guyuran hujan

Selasa, 02 September 2014

assalamualaikum akhi dan ukhti. udah lamaaaaaa bet kaga posting blog  sehingga ide-ide yang dari kemaren direncanain buat di posting tapi karena males ngetik akhirnya lupa dan topik yang kemaren masih hangat sekarang (mungkin) udah basi. tapi inget kata pepatah 'lebih baik telat daripada tidak sama sekali, karena penyesalan ada di belakang kalo di depan namanya pendaftaran'  jadi mending gw posting aja sekarang.
cerita berawal dari suatu sore yang biasa di Jakarta. waktu itu hujan dan gw baru balik dari pecel lele lela sama feby dan ririn. sebelumnya di pecel lele lela kita udah diskusi tentang detail-detail kecil penyebab kita ga bisa wisuda bulan September (contoh: kurangnya restu dari orang tua)
 kita ngobrolin topik itu selama setengah jam. tiga jam kemudian lanjut ghibah .. gak deng.
selama kita ngobrol itu, tanpa disangka-sangka hujan turun. iya beneran ga ada yang nyangka. apalagi hujan turun begitu derasnya yang bikin para ojeg payung tersenyum bahagia. tapi kita enggak. karena waktu itu udah sore dan kita pengen pulang. akhirnya karena ngerasa hujan bakal lama kita mutusin buat nekad pulang, daripada kemaleman kan.
feby pulang duluan naik transjakarta (itu loh bis yang kemaren baru beli ternyata karatan) sementara gw sama ririn naik metro ke kampus buat ambil motor. sesampainya disana, hujan tambah deres terpaksa gw sama ririn neduh di halte. biasanya sih kita bakal cuek naik motor sambi ujan-ujanan biar kayak anak desa, tapi itu kan dulu, sekarang kita udah ga bisa ujan-ujanan lagi karena faktor U.
selama di halte, daripada anyep kayak cucian basah gw sama ririn ngobrol lagi, tapi semua topik tentang kampus udah habis diomongin pas di pecel lele lela, sementara itu, kita kan gak boleh berghibah waktu hujan turun-inget omongan itu doa dan saat turun hujan adalah saat-saat dikabulkannya doa.-  akhirnya gw sama ririn ngobrolin topik yang lagi anget waktu itu yaitu; (1.) jilboob; (2.) kurikulum 2013; (3.) Tuhan membusuk (sebenernya ga ngomongin ini cuma gw pengen nulis tentang ini aja)

1. Jilbo*bs
ini topik yang lagi rame bet diomongin waktu itu, bisa dilihat dari banyaknya postingan blog (blog orang-orang, bukan blog gw), meme di facebook (terutama akun-akun acc), bahkan sampe masuk portal berita online. sayangnya hampir semua yang gw baca itu memojokan kaum pengguna jilbo*bs, seakan-akan perempuan yang berjilbo*b amat durjana. begini yah gaes, perempuan berjilbab bukan berarti seketika jadi malaikat. perempuan berjilbab itu pengen belajar taat. hidayah itu datangnya berbeda-beda. ada yang pertama pake jilbab langsung syar'i ada juga yang masih proses dulu. jangan langsung dihina dengan sebutan yang ga enak didenger itu. istilah jilbo*b sendiri menurut gw udah mendiskreditkan muslimah berjilbab, iyalah kata bo*bs itu apa coba artinya? masa iya sih kita mau nyamain istilah untuk kewajiban beragama sama dengan istilah mesum? kenapa gak dibilang 'jilbab yang belum syar'i ' aja? kayaknya lebih enak didenger deh. lagian juga dari yang gw liat di foto-foto pemakai jilbo*bs itu, kayak sengaja banget bikin pemakai jilbab kelihatan jeleknya. pemakai jilbo*bs emang banyak, tapi kenapa yang dipilih yang fotonya 'menantang'?  emang sih mukanya disensor, tapi apa etis masukin foto yang kita gak tau siapa pemiliknya ke sosmed, atau ke blog pribadi (makanya gw gak masukin foto disini). ditambah lagi, kalau ngeliat style nya pemakai jilbo*bs itu soooo last year banget. pakai celana jins ketat ditambah kaos pas badan yang juga ketat sama kerudungan segitiga? bukannya itu style 2008 banget? setau gw sekarang yang lagi ngehits banget itu model hijaber a la Dian pelangi deh. yang pake pashmina dan baju ditumpuk-tumpuk gitu. sama style hijab syar'i yang digerakan sama @pedulijilbab sama @hijabalila.  intinya ituh kayak ada pihak yang sengaja bikin imej berjilbab itu ga bener. hal ini bikin gw sama ririn mikir jangan-jangan isu ini sengaja dihembuskan (cie dihembuskan) supaya kesadaran berjilbab -yang sekarang ini lagi tinggi- turun lagi karena anak perempuan mikir "ngapain berjilbab tapi pake bajunya gak bener" atau "kalo gitu lebih baik ga berjilbab tapi bajunya sopan dong, daripada berjilbab tapi jilbo*bs" atau yang paling basi "makanya aku belum mau berjilbab sekarang, lebih baik jilbabin hatinya dulu. daripada kayak gitu berjilbab gak dari hati akhirnya jadi jilbo*b deh"
sekali lagi, muslimah berjilbab bukan berarti seketika sempurna, muslimah berjilbab karena ingin belajar taat. kalaupun udah berjilbab tapi belum 'bener' ya dinasihatin baik-baik. iya jilbo*bs emang bukan cara berjilbab yang baik tapi apa perlu sampe ngehina pemakainya? mengutip katanya abangg Van Djenggoten, orang yang menghina pengguna jilbo*bs karena gak sesuai sama tuntunan jilbab syar'i itu ibarat orang yang ngasih hadiah berlian, tapi ngasihnya dilempar. jadi orang yang dikasih berlian itu gak tau kalau  dia dikasih berlian karena dia cumangerasain  sakitnya dilempar
keliatan gak tuh tulisannya





*anyway, gw juga ngerasa belum syar'i sih berjilbabnya. gw masih suka pake jeans juga. jadi maaf banget kalo ada yang ngerasa gw ngeguruin di postingan ini. mungkin karna gw kuliah di jurusan pendidikan yang nantinya insyaAllah jadi guru jadi tata bahasa gw secara ga sadar udah 'menggurui' hehe

2. Kurikulm 2013
Namanya emang kurikulum 2013, tapi baru di tahun 2014 semua sekolah kompakan nerapin kurikulum ini. dulu pas tahun 2013 cuma beberapa sekolah di Jakarta yang ditunjuk buat make kurikulum ini. nah karena gw ppl pas tahun 2013 dan sekolah tempat gw praktek dulu nggak diintruksikan buat make kurikulum ini gw jadi gak terlalu tau tentangnya (kurikulum 2013) ditambah lagi waktu gw kuliah, kurikulum ini belum dikeluarkan jadi gw ga diajarin tentang kurikulum baru ini.
pro dan kontra kurikulum 2013 gw tau dari facebook. karena gw banyak temenan sama murid gw di facebook, dan mereka hobi update status gw jadi tau tentang kesengsaraan mereka terhadap kurikulum terbaru ini. selain murid-murid gw itu, gw juga tau kalo banyak anak sekolahan yang kzl sama kurikulum 2013. hal ini gw tau dari akun acc yang suka posting meme 'lucu' di fb. salah satu meme nya adalah bentuk curhatan seorang murid tentang kebenciannya terhadap hidup dia yang berubah setelah kurikulum 2013 datang. ibarat Harry Potter yang memasuki dunia baru setelah dia mengetahui dirinya adalah penyihir, siswa (kayaknya smp) ini pun mengalami perubahan hidup. bedanya hidup Harry Potter berubah gilang gemilang dan jumawa sementara hidup si siswa smp ini berubah jadi penderitaan tiada tara. dia menulis tentang capeknya harus sekolah dari senin sampe sabtu, ekstra kulikuler, kerja kelompok yang selalu ada setiap minggu, jam belajar yang bertambah, berkurangnya waktu luang dan lain sebagainya. kekesalan itu semakin menjadi karena siswa tersebut menyertakan kata-kata kurang sopan di akhir kalimat. kata-kata itu misalnya 'kotoran', 'kebun binatang', dan yang paling membuat dahi mengernyit adalah argumennya bahwa hanya anak pesantren yang harus diajari moral dan akhlak (lalu bagaimana dengan yang non-pesantren? belajar apa mereka? tak bermoral dan tak berakhlak kah?) curhatannya ini un memancing reaksi pro kontra dari siapapun yang membacanya. kebanyakan dari komenter (yang komen) setuju bahwa kurikulum 2013 memang bikin sengsara, tapi mereka tidak setuju dengan cara pengungkapan siswa tadi yang terlalu kasar dan dangkal. adapun yang pro terhadap kurikulum 2013 justru datang dari orang yang mengaku sudah lama lulus alias tidak merasakan kurikulum 2013 -lah piye toh-
ternyata, bukan cuma facebook gw yang membara. facebook ririn juga. dan berdasarkan analisa kita yang setajam lidah tetangga, kita memutuskan kalau kita juga gak setuju sama kurikulum 2013. suatu hal yang bisa jadi sia-sia saja mengingat kita berdua udah gak ppl dan belum lulus. tapi ngeliat penderitaan murid-murid kita kayaknya wajar lah ya kalo kita juga gak seneng sama kebijakan baru ini. ibarat ujian nasional yang udah jelas banyak banget ditentang -cuma bikin stress berbagai pihak kayak sekolah, murid, guru, orang tua, sampe tempat bimbel- tapi tetep dilaksanakan dan akhirnya bikin berbagai kecurangan terus dilakukan (justru bikin imej UN tambah jelek) kayaknya kurikulum baru ini bakal tetep ada deh, jadi yang bisa kita omongin waktu itu cuma good luck aja deh buat yang masih sekolah. semoga pendidikan karakter yang ditekankan di kurikulum 2013 bener-bener berhasil jadi gak bakal ada lagi anak sekolah yang update status pake kalimat yang jauh dari kata sopan.

3. Tuhan membusuk
kayak yang gw bilang di atas, sebenernya waktu itu kita gak ngomongin ini. tapi karena lagi ngehits yaudah gw tulis aja sekalian keburu lupa.
udah pada tau kan kenapa slogan di atas bisa terkenal banget? kalo belum tau cari aja sendiri. bisa lewat google atau lewat twitter. tapi nyarinya di akun yang bener jangan nyari tau tentang 'Tuhan membusuk' di @viccent22 karena gak bakal ketemu. gw rekomendasiin cari tentang berita ini di twiter @tanpajil atau @islamlurus insyaAllah bakal nemu banyak.
jadi ceritanya pembelajaran filsafat yang nyeleneh bikin liberalisme sama sekulerisme terus menggurita di Indonesia. agak aneh ya karena Indonesia itu negara dengan 5 agama yang diakui, bahkan sila pertama pancasila aja mengatur kehidupan beragama. terus Indonesia mau dijadiin negara liberal, atau sekuler? ya kalo menurut gw sih kayak pungguk merindukan Pluto. sayangnya yang sekarang teriak-teriak tentang hal-hal tersebut  justru datang dari kalangan pendidikan dan akademisi yang ada embel-embel islamnya, bukan orang sembarangan. hal-hal kayak gini yang bikin masyarakat awam bingung. mana yang harus mereka percayai? ulama-ulama sepuh atau kaum yang mengatasnamakan dirinya 'islam kosmopolitan'? ditambah lagi serangan bertubi-tubi ke ulama yang amar ma'ruf nahi munkar di dunia maya. yang ngebikin pengguna sosial media, orang yang akrab sama dunia maya yaitu kebanyakan anak muda jadi bisa 'disetir' pemikirannya. dulu gw sering banget baca di twitter atau facebook status-status yang ngata-ngatain MUI karena sering ngeluarin fatwa haram, atau ngatain ustadz @felixsiauw karena hashtag fenomenal nya #UdahPutusinAja dan masih banyak lagi (terlalu banyak sampe gw kesel sendiri) puncak keramaian ini pas ada twitpict Tuhan membusuk yang merupakan tema ospek sebuah kampus islam. karena menjadi kontroversi akhirnya panitia ospek diamankan polisi dan rektornya ngasih klarifikasi. beritanya bisa dibaca di sini sama di situ
ya karepmulah  nguomong opo, yang jelas hal-hal kayak ginii bukan kali pertama aja ada. tapi sekarang semakin marak mungkin karena Indonesia beneran mau dijadiin negara sekuler. nyambung ga? ngerti gak? coba dipikirin dulu sampe ngerti. sambil mikir, ini ada foto bagus dari ustadz Akmal Sjafril buat dipikirin


 gimana, ngerti?

2 komentar:

  1. ya, akhirnya ngeblog lagi :)
    soal jilb**bs, ini menurut gw : yg jil**bs salah, yg berhijab belum syar‘i jg salah, yg gak berjilbab juga salah, yg mencela salah, yg diam saja dan tak mengingatkan tentang semua kesalahan jg salah. jadi terlalu bnyak yg salah di sini.

    Nah soal kurikulum. buat gw di sini sbenarnya peran guru sangat diperlukan. di saat kurikulum memasung daya kreatifitas dan malah membebani siswa, di sinilah guru ambil peran. caranya? mengajar dng lebih menyenangkan, dng lebih mencerdaskan, dng kreatif. cari cara mengajar agar siswa tak merasa tertekan dng kurikulum yg ada. buat suasana kelas menjadi lebih hidup agar siswa tak jenuh di kelas. kurikulum sudah hancur jgn sampai cara mengajar gurunya pun ikut hancur. YA, GA, BU GUWU GEMA?? haha.

    Filsafat buat gw cuma 1---> salah kaprah, salah pemahaman dan CARI SENSASI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas kritik dan saran anda, ciao

      Hapus

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS