Alter Ego

Jumat, 10 Januari 2014



Harusnya gue nyusun skripsi tapi perhatian gue teralihkan dengan kasur dan tivi. Kalimat di awal itu epilog aja sih biar seluruh dunia tau problem gw dalam mbikin skripsi ini. Anyway, kemarin pas gw main twitter tumben tumbenan ada temen temen nyata gw di timeline. Kan biasanya gw hanya berteman akun acc tuh. Awal mula hikayat alter ego ini dimulai dari
twit ririn yang bunyinya begini
“semua dosen tau nama gw ririn, tapi ga ada yang tau kalo ririn dan siti fajarrina adalah samiun”
Mumpung lagi ada temen, gw bales twitnya “sing legowo yo un (samiun)” ternyata bukan Cuma gw yang balesin twit ririn. Tapi wiwin, feby, jaung juga. Cie banget kan pada online twitter. Terus ririn bales lagi ke gue “makasih ya mesaroh”. Nah di twit dia yang ini direply wiwin ke kita berdua “eh mesaroh itu kan nama mba mba yang jualan fillet di kantin gebrak tau”. Karena prinsip dari geng kita bully membully teman serta bully membully diri sendiri, gw bales mention wiwin dengan segala kerendahan hati gw buat membully diri gw sendiri.  “iya dia kan alter ego gw win, ah masa lu gatau sih, katanya caabat” abis itu gw tinggal masak.

Abis masak, gw buka twitter lagi si ririn udah mention ‘alter ego apaan sih?’ dan di reply wiwin ‘gw juga gatau, gw kira apa Cuma gw yang bodoh dan ga ngerti bahasa ola yang ketinggian’. Terooos gw bales mention mereka berdua sambil ngejelasin alter ego ituh apaan dan hasilnya teteup aja itu orang berdua ga ngerti. Sempet curiga sih jangan-jangan mereka ngerjain gue doang, semacam menguji mental gw apakah gw tahan banting dicecer duo tengil. Atau mereka ini lagi menguji tingkat pemahaman gw sama kata kata yang gw ketik sendiri. Okey, ini nih yang gw tau.

Pertama kali gw baca alter ego itu di majalah gadis. Alter ego bisa berarti kepribadian yang lain atau kepribadian ganda. Sebenernya semua orang pasti punya alter ego. Misalnya sikap lu di depan orang tua pasti beda sama sikap  lu di depan temen-temen. Atau sikap lu di depan guru beda sama sikap lu di depan sahabat. Di beberapa kasus, alter ego bisa jadi bahaya kalo ego yang lain itu psycho. Contohnya bisa dilihat di film Hide and Seek yang dibintangi Robert de Niro sama Dakota Fanning.
film Hide and Seek

 Di film itu dilihatin gimana was-was nya sang ayah (De Niro) sama teman khayalan anaknya (Fanning) soalnya semenjak si anak main sama ‘teman’ barunya yang bernama Charlie, terjadi keanehan di rumah mereka. Gw udah lupa apa aja keanehannya, yang gw inget Cuma  adegan kucing peliharaan yang mati. Di akhir film baru ketauan kalo selama ini Charlie itu ternyata kepribadian ayahnya yang lain. Kepribadian yang physco, di film ini kita bisa lihat, pas kepribadiannya lagi baik (lagi jadi ayah) si Robert de Niro ini ga punya petunjuk sama sekali tentang siapa Charlie itu, dia malah curigain tetangganya lah, curigain anaknya lah  padahal Charlie itu dia sendiri. Nah  pas kepribadiannya lagi jadi Charlie, sosoknya sama sekali berubah, serem gitu  ga ada mirip-miripnya sama sosok sang ayah yang pengertian dan rapuh, rapuh seperti lapisan tipis air yang beku..

Contoh alter ego yang lain itu Beyonce dengan Sasha Fierce nya. Di salah satu majalah yang pernah gw baca, Beyonce yang di panggung itu sebenernya bukan Beyonce melainkan Sasha Fierce. Ga ada unsur magic disini. Maksutnya, Beyonce yang asli itu kalem dan sweet sementara Beyonce yang diatas panggung itu enerjik, ceria, dan amazing bingit dance nya. Nah kata Beyonce (kata Beyonce loh ya bukan kata gw) pas dipanggung itu dia menjelma jadi Sasha Fierce yang kebalikan dari kepribadian Beyonce sebenernya. Bisa kita lihat di album I am.. Sasha Fierce. Di side track I am.. lagu-lagunya mayoritas kalem dan rapuh kayak if I were a boy (ngegambarain Beyonce). Sementara di side track Sasha Fierce, lagu-lagunya enerjik, bikin semangat kayak single ladies (ngegambarin Sasha Fierce)
Seleb lain yang gw tau punya alter ego itu Eminem dengan Slim Shady nya atau Ciara dengan Super C nya.
Oh iya, dari tadi udah meracau tentang alter ego in my humble opinion, masa ga masukin alter ego menurut ahlinya. Ini hasil yang gw dapet setelah googling
Alter ego  "aku yang lain" merupakan diri kedua yang dipercaya berbeda daripada orang kebanyakan atau kepribadian yang sebenarnya. Istilah ini dipakai pada awal abad kesembilan belas ketika gangguan pemecahan kepribadian pertama kali dijelaskan oleh psikolog. Seseorang yang memiliki Alter ego dikatakan menjalani kehidupan ganda.
Sebuah makna yang berbeda dari Alter ego dapat ditemukan dalam analisis sastra, yang pengambaran karakter dalam karya-karya berbeda yang secara psikologis mirip, atau karakter fiktif yang perilakunya, ucapan, atau pikiran sengaja mewakili penulis atau dengan jenis penampilan lain.
Keberadaan "diri yang lain" telah pertama kali dikenali pada tahun 1730-an. Anton Mesmer menggunakan hipnotis untuk memisahkan Alter ego. Percobaan ini menunjukkan pola perilaku berbeda dari kepribadian individu dalam keadaan sadar dibandingkan saat terhipnotis. Karakter lain dikembangkan dalam kesadaran yang berubah tapi dalam tubuh yang sama
Alter ego juga digunakan untuk merujuk perilaku berbeda setiap orang yang ditampilkan dalam keadaan tertentu. Konsep terkait termasuk avatar, doppelgänger, peniru, dan kepribadian ganda.

Itu penjelasan dari Wikipedia, meski kita semua tahu kita ga boleh terlalu mengandalkan info dari Wikipedia, mengingat semua orang bisa jadi contributor. Tapi dari penjelasan diatas yah mirip-mirip lah sama artikel yang pernah gw baca di Gadis waktu itu. Kesimpulan dari cerocosan gw ini adalah:
1. semua orang punya later ego
2. alter ego bisa jadi sesuatu yg positif kalo alter ego itu sendiri positif (kayak alter ego nya Beyonce gitu looh)
3. alter ego bisa jadi negative kalo alter ego nya negative (kayak si Charlie di film Hide and Seek)
4. mesaroh sebenernya bukan alter ego gw
Piye,  Wis tak kandani. Mudeng ora son?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS